Selasa, 24 Januari 2012

petualangan ke jogja part 1: laboratorium manusia

yey,im back...
kondisi kurang baik,lagi g enak badan,but i will survive....

kemaren,selama 4 hari gw memporak-porandakan kota jogjakarta...
khukhukhukhukhu*devilsmirk

dan gw bakal ceritain dalam beberapa postingan terpisah....
and now,the first episode...
pengalaman gw selama 8 jam di kereta api kelas ekonomi....

kereta api adalah salah satu transportasi yang paling gw suka...
soalnya murah dan,gw bisa mengamati berbagai macam model manusia yg ada di kereta api
buat gw,kereta api adalah semacam laboratorium manusia
gw bisa menebak dan meneliti sifat2 org dari apa-apa yg dilakuinnya di kereta api...
dan hebatnya,hal ini cuma gw temuin di kereta kelas ekonomi
ga pernah ketemu di kelas eksekutif dan bisnis

ketika masuk dan duduk aja,bisa keliatan kalo seseorang itu egois,pemalu,penakut,dan lain sebagainya
contoh org egois,begitu masuk dia akan langsung duduk di bangku yang dia temukan dan dianggap nyaman tanpa liat2 nomor bangku,ketika si pemilik bangku asli datang,dia akan pura2 tidur atau berkilah,"udah,pokoknya di gerbong 6,duduknya bebas aja"
ada juga yang egois pengikut,ketika bangkunya sudah diduduki si egois,dia akan menduduki bangku lain yg kosong tanpa tanya2 ato minta si egois pindah,dan klo pemilik bangku aslinya datang dia akan jadi si egois nomor2
trus,si pasrah,dia akan pasrah ketika bangkunya diambil dan duduk d t4 kosong,ketika yg punya bangku datang dia akan pindah ke bangku kosong lain,dan begitu seterusnya sampe g ada yg mengusir dia lagi
si penakut cuma bakal celingak celinguk ketika melihat bangkunya sudah diduduki si egois,dan akhirnya setelah yakin baru ia akan duduk di tempat yang diyakini kosong,celingukan lagi cari bangku kosong baru
si berani akan langsung mengusir si egois tanpa alasan
trus ada juga yg hobi bikin persekongkolan,dia akan mengumpulkan massa untuk membantunya mengusir si egois,kadang juga sampe manggil petugas stasiun

dan di perjalanan berangkat ke jogja kemaren gw menemukan semua tipe diatas
*gw masuk tipe persekongkolan,ketika ada 1 keluarga yg egois(sebenernya cuma bapaknya,keluarga yg laen cuma ikut2an) yg menduduki tempat gw dan teman2,kami menghasut para penumpang lain untuk membantu kami,dan salah satu penumpang manggil petugas stasiun,hahahahaha

gw adalah orang yang klo naek kendaraan tidur,tapi di kereta api,apalagi ekonomi,gw berusaha buat ga tidur selama mungkin,apalagi kereta malam

kenapa?mengamati org tidur itu entah mengapa menyenangkan,gw seperti bisa membaca kepribadian orang itu ketika ia tidur

seorang cewe di bangku belakang gw,berganti gaya tidur sebanyak lebih dari 10 kali dalam waktu 4 jam
gw tebak dia pasti cewe aktif yang g bisa diem,hahahaha
tapi melihat pendapat tentang mimpi itu pelampiasan apa yg g bisa dicapai di dunia nyata,bisa jadi si cewek sebenernya merasa terkekang dan dalam tidur dia jadi banyak gerak
atau kemungkinan terakhir,dia cuma g nyaman tidur di kereta ekonomi

trus gw juga nemuin posisi tidur yg ajaib...
seorang nenek,tidur berbaring ngambil 2 bangku*bangkunya 1 lagi punya anaknya yg lgi ngobrol sama org laen d deket toilet
dan posisinya sungguh ajaib,si nenek kepalanya berbaring sampe pinggang,tapi kakinya diangkat tegak lurus selonjoran ke dinding kereta

bapak yg duduk di depan gw jg unik,dia tidur,tapi tiap gw ngomongin cara tidur dia,dia bangun bentar dan tidur lagi*padahal beberapa kali gw ngomongnya via sms
si bapak tidur dengan kumis selalu bergerak2,tangan yg selalukemana2 kadang malah buka tutup resleting tasnya atau celananya(klo kelakuannya gitu gimana g mau diomongin coba?secara di depannya itu ada sekumpulan mahasiswa psikologi)

tapi,penemuan paling menarik gw dalam perjalanan ini cuma seorang bapak...
seorang bapak yang berusia 40an tahun,berdiri di lorong di depan gw...
tapinya gw g terlalu memperhatikan bapak ini,sampai setelah beberapa saat,dia mulai menunjukkan keanehan
pertama,dia ngeraba2 saku jaketnya,trus ngeluarin mpeng anak balita,trus dimasukin ke mulutnya dan dia ngisep itu mpeng layaknya anak balita dengan muka tiis
beberapa ment kemudian dia masukin mpengnya balik ke jaket,trus dia raba2 jaket lagi dan ngeluarin kacamata hitam dengan sebelah gagang di bagian kiri
dia pake kacamata,bagian kiri nyangkut,tengah nyangkut,kanan menggantung
si bapak make kacamata itu beberapa saat,trtus tau2 kereta berguncang dan kacamatanya melorot tapi masih gantung di telingan kirinya
trus dia lepas kacamata,trus keluarin korek,dan dia maen2in itu korek sambil ketawa2 dan ngomong sendiri
dan hasil perundingan sama anak2,si bapak kemungkinan schizofrenia

sebenerya mungkin lebih banyak hasil pengamatan yg blom gw liat,tapi gw keburu pengen tidur biar bisa langsung maen seharian di jogja

satu lagi yg gw suka dari kereta malam,pemandangannya,pas lewat area perumahan ato kota,well,that is fuckin awesome
keliatan kaya padang berbintang di mata gw,hahahaha

2 komentar:

suprayogi mengatakan...

Wah,, sempet banget liat tipe2 gitu. Sekarang ekonimi k jogja berapaan ya? dan kalo misalnya kursi kita didudukin orang cara ngusirnya gimana?

Anonim mengatakan...

Seru!

(Tolong, spasi setelah tanda baca ya! Biar lebih enak dibaca.) --> Seperti ini ___. ___ Atau ____, ____